translate

Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese English French German Spain Italian Dutch

15 Des 2011

Santunan Yatama Masjid Jami’ “Baitul Makmur” Kedungmutih Demak

Penyerahan santunan Yatama


Demak – Pengurus Masjid Jam’i “Baitul Makmur” Desa Kedungmutih kecamatan Wedung kabupaten Demak  Selasa (6/12) mengadakan santunan Yatama . Yatama yang disantuni diantaranya Yatim piatu 2 anak , Yatim 32 anak dan piatu 12 anak. Acara santunan Yatama yang menjadi agenda rutin pengurus diadakan setahun dua kali bertepatan dengan tanggal 10 Muharram dan bulan ramadhan. Selain sebagai perwujudan sunah nabi Muhammad SAW, juga sebagai kepedulian masyarakat  akan derita Yatama yang ditinggalkan orang tuanya.
Teknis pengumpulan dana Yatama diadakan dengan cara mengedarkan amplop kepada seluruh warga desa Kedungmutih yang selanjutnya dikumpulkan dan dihitung bersama. Perolehan dari warga masyarakat itu seterusnya dibagikan kepada yatama yang berhak berdasarkan data yang diperoleh panitia dilapangan. Penyerahan dilakukan di serambi Masjid dalam acara sederhana dan disaksikan oleh kaum masjid dan sebagian warga masyarakat.
“ Ya ini sudah menjadi agenda rutin pengurus masjid yaitu menyantuni yatama , dulu hanya tiap tanggal 10 Muharram saja  ,namun karena perkembangan santunan diadakana 2 kali ditambah bulan ramadhan untuk persiapan yatama berlebaran” ujar H. Yusuf Ketua pengurus masjid jami’ “Baitul Makmur” pada wartawan di sela-sela penyerahan santunan yatama.
H. Yusuf mengatakan , mestinya dana yatama ada setiap waktu karena kebutuhan mereka juga setiap waktu misalnya untuk biaya sekolah, berobat atau kebutuhan lain. Namun sampai saat ini panitia belum bisa mengusahakan dana semacam itu , yang dilakukan hanyalah seremonial saja ketika acara akan berlangsung panitia melakukan penggalangan dana kepada masyarakat dengan cara membagikan amplop. Setelah amplop diisi oleh masyarakat panitia meminta bantuan siswa Madrasah Aliyah untuk mengumpulkan kembali amplop tersebut untuk dibuka bersama-sama.
“ Alhamdulillah hasil tarikan dari warga masyarakat terkumpul uang 10 juta lebih sedikit , dan uang itulah yang akan kita bagikan pada yang berhak sejumlah 46 anak yang hadir disini “ kata H. Yusuf
Musa Abdillah guru MA “Ribhul Ulum” yang aktif dalam kegiatan penggalangan dana Yatama mengatakan , fihaknya menyambut positif adanya kegiatan santunan Yatama yang diselenggarakan oleh Masjid jami’ “Baitul Makmur” desa Kedungmutih. Oleh karena itu fihaknya lewat MA “Ribhul Ulum” selalu mensupport kegiatan tersebut , selain penggalangan dana dari siswa  juga membantu tenaga penarikan kepada masyarakat . Selain sebagai perwujudan kepedulian kepada sesama juga melatih siswa   dalam kegiatan bermasyarakat diaantaranya untuk melatih kerjasama dan juga keberanian.
“ Kita selalu berperan aktif dalam kegiatan ini , oleh karena itu setiap ada kegiatan social di desa semua siswa kita kerahkan untuk membantu masyarakat . Utamanya kegiatan santunan Yatama ini toh kegiatan ini tidak mengganggu aktifitas belajar mereka “ kata Musa Abdillah yang masih lajang ini. (Fatkhul Muin)

0 komentar:

Posting Komentar